Merawat Organ Intim Setelah Melahirkan

Proses persalinan pada wanita sering menyebabkan jalan lahir bengkak atau luka sobek. Keadaan ini menyebabkan nyeri atau pegal didaerah kemaluan dan kadang-kadang terjadu demam. Keluhan ini dpaat diatasi dengan menggunakan ramuan tradisional. Selama masa nifas (30-40 hari) akan terjadi pendarahan dari vagina yang merupakan sisa darah dari rahim ibu akibat persalinan. Untuk membersihkan darah nifas dapat digunakan ramuan tradisional pluntur. Untuk mengembalikan dan merawat organ intim setelah melahirkan ke bentuk semula bisa menggunakan jamu. Disamping itu bisa juga dibantu dengan latihan kegel yang dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, dan dalam posisi apa saja. Latihan kegel dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Kaki sedikit diregangkan. Otot disekeliling vagina dan anus dikencangkan secara perlahan-lahan
  2. Tahan sampai hitngan keenam, lalu dikendurkan secara perlahan=lahan sampai hitungan keempat.
  3. Lakukan latihan ini berulang-ulang selama 5 menit dan secara bertahap waktunya ditingkatkan. Lakukan beberapa kali.

Latihan dalam merawat organ intim setelah melahitkan ini dapat dilakukan segera setelah melahirkan (beberapa jam setelah melahikan). Kontrakasi otot yang dilakukan akan merapatkan jaringanĀ  kulir dan jaringan dibawah kulit serta membantu penyembuhan. Latihan ini sangat baik untuk mencegah kebocoran air seni (mudah terkencing-kencing) pada tahun-tahun mendatang dan dapat meningkatkan respon seksual.

Biasanya jamu kunci sirih dimanfaatkan oleh kaum perempuan untuk merawat organ intim setelah melahirkan terutama ibu-ibu untuk mnegobati keputihan (flour albus). Manfaat lainnya adalah untuk merapatkan bagian intim wanita (vagina), menghilangkan bau badan, mengecilkan rahim dan perut, serta menguatkan gigi. Bahan baku jamu kunci sirih, sesuai dengan namanya adalah rimpang temu kunci dan daun sirih. Biasanya, selalu ditambahkan buah asam yang masak. Ada juga yang menambahkan bahan-bahan lain yang biasa digunakan dalam ramuan jamu keputihan atau jamu sari rapat, seperti kulit buah delima, buah pinang, kunci pepet, dan majakan. Sebagai pemanis digunakan gula pasir, gula merah, dan dibubuhkan sedikit garam.

Ramuan 1
Bahan: Temu kunci 1 ons, daun sirih segar 20 lembar, gula merah 1 ons, gula pasir secukupnya, asam kawak Ā¼ ons, garam secukupnya, dan air 2 liter.

Cara membuat :

  1. Air, asam kawak, dan gula merah direbus sampai mendidih sambil diaduk sampai gula larut semua. Tambahkan garam dan angkat. Biarkan dingin (hangat) dan saring.
  2. Temu kunci dan daun sirih dicuci bersih
  3. Temu kunci dikupas, dicuci, kemudian diiris tipis-tipis. Temu kunci dan daun sirih dihaluskan (di blender) dan ditambahkan sedikit air matang. Peras airnya dan saring, langsung campurkan dengan larutan gula asam, aduk rata. Jika kurang manus bisa ditambahkan gula pasir sesuai dengan selera.
  4. Jamu yang sudah dingin dimasukkan ke dalam botol yang bersih dan kering, kemudian ditutup rapat.

=====================================

>>> Pakai Tisu Majakani Untuk Merapatkan Organ Intim Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Cara Perawatan Vagina and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>